Microsoft Excel


Assalamuailaikum...
what’s up !!? kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang microsoft excel..
Microsoft Excel digunakan untuk menghitung data statistic atau yang berkaitan dengan rumus dan perhitungan matematis.Dalam Microsoft Excel terdapat berbagai penggunaan rumus danfungsi pada excel.
Perbedaan formula danfungsi
Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda +, -, *, /, & ^. Sedangkan fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan istilah-istilah matematika, statistic, dan logika. Rumus excel dapat berfungsi jika terlebih dahulu diawali dengan tanda “=”. Nah, saya akan menjelaskan tentang SUM, COUNT, COUNTIF, AVERAGE, VLOOKUP, IF & Conditional Formating.

1.      SUM.
SUM digunakan untuk menjumlahkan data.
Rumus : =SUM(number1, [number2], …)
Contoh : =SUM(j6;j7;j8)
Cara yang mudah dan cepat yaitu dengan menekan tombol Ctrl kemudian masukkan urutan data pertama dan terakhir dan dipisah dengan “:”
Contoh: =SUM(A1:A20)
2.      COUNT.
COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data.
Rumus: =COUNT(value1,[value2], …).
3.      COUNT IF.
Count if digunakan untuk menghitung data dengan criteria tertentu, misalnya kita ingin menghitung berapa banyak data yang sama dalam suatu data. Caranya dengan memasukkan rumus countif yaitu=countif(range,criteria)
4.      AVERAGE.
AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata
Rumus : =AVERAGE(number1, [number2], …). seperti yang sayasudah bilang tadi, kita dapat menggunakan cara cepat yaitu dengan menekan tombol Ctrl kemudian masukkan urutan data pertama dan terakhir dan dipisah dengan “:”. Begitu seterusnya..
contoh :=AVERAGE(C6:C25)
5.      VLOOKUP.
VLOOKUP yaitu rumus untuk menentukan kata sesuai kode yang sudah di tentukan atau untuk mencari nilai dalam suatu table.
Rumusnya : =vlookup(lookup_value,table_array,col_indeks_num,[range,lookup]
contoh : =VLOOKUP(g7,$a$6:$b$25,2).
6.      If.
IF yaitu rumus yang digunakan untuk menetukan 2 kemungkinan tertentu.
Rumusnya :
=if(logical_test, [“value_if_true”],[“value_if_false”])
contoh :=IF(C11>75,"TUNTAS","GAGAL")

7.      Conditional Formating
Digunakan untuk member warna pada cell dengan criteria tertentu.misalnya kita ingin member warna merah pada cell yang memiliki angka kurang dari 7 maka caranya yaitu dengan cara blok cell yang ingin diberi warna, lalu klik conditional formatting kemudian pilih Highlight Cells Rules, lalu pilih LESS THAN kemudian masukkan angka 7, lalu pilih warna di kotak sebelahnya with : Light Red Fil with Dark Red Text, maka nilai yang kurang dari 7 akan berwarna merah.
    Okay, cukup sampai disitu semoga dapat menambah wawasan anda..
    thank you.. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar